Total Tayangan Halaman

2012-01-23

Fakta tentang Jepang


  1. Jepang merupakan negara yang penduduknya rata-rata memiliki umur yang lebih panjang dibanding penduduk negara lain yang menjadikan jepang sebagai negara peringkat 1 dunia dalam ranking rata-rata umur hidup penduduk.
  2. Banyak pola kehidupan orang Jepang yang berlangsung seperti ini : waktu lahir dibawa ke kuil shinto, waktu menikah diselenggarakan di gereja, dan waktu meninggal disemayamkan di kuil budha. Intinya agama kayak mainan di Jepang, karena mayoritas orang Jepang gak beragama dan gak percaya Tuhan.
  3. Kalo bunuh diri dengan cara menabrakkan diri ke kereta (lompat dari platform pas kereta dateng), artinya si korban bunuh diri membuat kerugian besar-besran bagi perusahaan kereta. Karena dengan bunuh diri kayak gini, bisa ngebuat beberapa kereta telat yang secara otomatis ngebuat ratusan orang telat! jadi kalo ada yang bunuh diri kayak gini, biasanya perusahaan kereta akan menuntut keluarga korban untuk membayar minimal 100 juta yen atau sama dengan 10 milyar rupiah!! jadi intinya, dipilih-pilih dulu cara menguntungkan untuk bunuh diri (?)
  4. Orang Jepang terkenal dengan tata krama dan kesopanannya. Kita bisa melihat mereka mengeluarkan “sisi liarnya” dalam 2 kondisi : ketika mereka mabok dan ketika mereka sedang berlarian masuk ke dalam kereta yang udah mau berangkat.
  5. Orang Jepang adalah orang yang susah untuk ngomong terus terang/to the point. Misalnya kita tinggal di sebuah apartment yang tetangga-tetangganya adalah orang Jepang, dan misalnya suatu hari kita masang musik keras-keras di dalem kamar kita atau ngobrol + ketawa kenceng-kenceng bareng temen-temen kita, kemungkinan kita akan di tegor oleh tetangga kita karena berisik. tapi cara menegornya bukan dengan menelepon kita/mengetok pintu kita, tapi dengan cara menelepon polisi untuk nyamperin apartment kita atau dengan dengan membuat surat kaleng yang ditempel di depan pintu apartment.
  6. Di dalam bahasa Jepang, negara “Jepang” disebut “nihon” atau “nippon”. kalo diliat dari kanjinya, nihon/nippon mempunyai arti “(tempat) asal matahari”. makanya Jepang punya julukan sebagai negara matahari terbit. titik merah pada bendera Jepang merupakan simbol dari matahari.
  7. Orang bule di Jepang bisa menjadi artis dadakan. Bisa tiba-tiba diajak foto sama cewek-cewek Jepang gak dikenal , bisa tiba-tiba dicegat sama anak-aak smp/sma yang lagi belajar bahasa Inggris, dll.
  8. Topik basa basi paling standard di Jepang adalah tentang cuaca. Kalo nulis surat / email ke temen, biasanya cuaca wajib menjadi topik pertama. Bahkan kalo ketemu orang yang ga terlalu akrab, kalo udah bingung mau ngomong apa pasti mereka ngomongin cuaca. Misalnya : “akhir-akhir ini cuaca semakin dingin ya”, atau “udah seminggu ini hujan terus ya, kita harus jaga badan bener2 nih .. “, dll.
  9. Kereta di jepang cuma beroperasi sampe jam 12 – stengah 1 malem. Jadi bagi orang yang ketinggalan kereta, biasanya capsule hotel, karaoke, restaurant 24 jam, menjadi pelarian mereka.
  10. kue/snack untuk oleh-oleh biasanya memiliki bungkus yang berlapis-lapis. sampe capek bukanya.
  11. Orang Jepang gak mengumbar kata “cinta“. Jadi untuk menyatakan perasaan sayang mereka memakai kata “suka”. cinta bermakna lebih dalam dan dipake ketika udah menikah dll.
  12. Banyak es krim, puding dan cake dengan rasa aneh-aneh. Misalnya es krim kacang merah topping ubi, puding labu, dan cake kentang dengan toping ubi.
  13. Selamat pagi dalam bahasa jepang = ohayou gozaimasu, tapi kalo ohayou gozaimasu kita translate langsung sebenernya artinya adalah “cepat sekali kamu (datangnya)”. jadi pemakaiannya bisa lebih luas. misalkan kita telat ngantor (baru dateng jam 12 siang) sementara jam mulai kantor jam 9 pagi, begitu ketemu temen kantor kita, yang kita ucapin adalah ohayou gozaimasu (selamat pagi). gitu juga kalo kita kerja di restoran, misalkan kita dpt shift jam 3 sore, begitu kita dateng kita kasih salam ohayou gozaimasu ke orang-orang shift sebelumnya. 
  14. Terdapat huruf braille untuk orang buta disegala tempat ! mulai dari station, kereta, jembatan, lampu merah, sampe ada banyak restoran yang nyediain menu khusus dengan huruf braille! ini patut di contoh sama indonesia, pemerintah jepang sangat memperhatikan penyandang cacat.
  15. Sensei artinya bukan “guru” , tapi merupakan sebuah panggilan ke beberapa profesi orang : guru, pengarang komik, dokter, pengacara, accountant terkenal, dll. kalo diliat dari kanjinya, kanji pertama “sen” artinya “duluan”, dan kanji kedua “sei” artinya “lahir”, jadi kalo di translate langsung artinya kira-kira “lahir terlebih dulu”, dan kalo kita liat maknanya = orang yang mempunyai pengalaman/ilmu karena dia udah menuntut ilmu terlebih dulu daripada kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar